Sabtu, 04 Juni 2011

kisah rendra visual merintis usaha bikin kaos dan jaket


Jadi pengusaha sebelum diwisuda demikian impian salah satu mahasiswa jurusan ilmu komunikasi universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Mahasiswa yang pernah kuliah di UPN setengah tahun ini bernama Muhammad Alfian Rendra Saputra tapi ia suka memangil dirinya dengan singkatan rendra visual karena kesukaannya pada project project visual design, photo, dan semua yang berhubungan dengan gambar. Awalnya iseng ikut dengan orang jadi freelance disebuah biro percetakan dan digital printing di jogja eh mulai coba-coba deh belajar design berbekal laptop yang dibelikan ayah dan ibunya saat lulusan sma, ia mencoba mengotak atik sofware design graphis  mulai dari corel draw sampai photoshop dan lainnya juga.Di percetakan sofware yang sering digunakan adalah corel draw, pertama kali mengunakan juga bingung gmana nih cara pakainya.

Belajar Otodidak juga agak pusing akhirnya ia memutuskan belajar bareng dengan teman nya Ibnu satyahadi teman waktu di organisasi Dewan siswa saat masih sma di mayoga teman satu kelas ,teman main,teman sejati pokoknya,  otak atik dilakukan mulai dafi font sampai gambar manual kemudia dijadikan digital dilakukan. Sedikit cerita lagi rendra mulai belajar kelas 4 sd saat masih di sd Muhammadiyah teluk lerong kalimantan timur samarinda, yang dijual pertama adalah dompet dagangan milik ibunya, dan iseng iseng dengan dunia percetakan saat kelas 3 sma pertama kali jadi broker undangan dan photo nikahan kakaknya ibnu .

Perjalanan di mulai semester dua mencoba membuat clothing line dan jasa cetak cetak pin,stiker, kid card, baner dll, clotingnya bernama why see bersama ivan ,dedi,budi, ibnu, arif,heri, semi dan banyak lagi sepertinya, tapi eh gagal selain salah sablon, ukuran jg kekecilan karena kesalahan tukang cetak kaosnya , dijual lagi gak laku malahan, ya terpaksa dibeli sendiri dipakai sendiri,dan mualilah pisah dari jualan bareng-bareng.

Kemudian mencoba bikin cloth sendiri sixgreen cloth dengan modal 4-5 juta ah asal bikin dengan tema monster dengan cara dititipin di distro-distro sistem kongsiyasi eh gak laku lama banget sebulan cuma dapat laku 4 -5 kaos, dittipin di distro depan amplaz pertama kali, lama-lama gak laku stok gudang numpuk akhirnya dibagi-bagikan aja untuk sponsor acra-acara.

kemudia disemester 3-4 mulai cari order kita bikin lagi namanya ruang visual saya ajak temen-temen crewnya sekitar 10-15 orang ada ulfa(akindo),reza (ugm),  apri (uty), ade (upn), satya, ibnu, buni(perhotelan), adit (advi), feri (uny), arif (ui), semi (uii), sigit (umy),  nizar (umy), dedy (isi), mamaet, dinda(upn), wancuk (akindo), pokonya banyak banget habis tu coba jd marketing semua cari order buku tahuanan Alhamdulillah dapat di jogja 1 yaitu mayoga hee he sekolah dulu, sma banjar jawa barat ama uii teknik sipil.

 Order dateng tapi cobaan juga dateng order jaket kalimantan mengalami trobel yang harus kita ganti jutaan rupiah, karena sempat khilaf pernah juga ditipu dihipnotis lewat telepon hilang lebih dari 5 juta, sempat punya kamera dslr karena hoby motret eh harus hilang karena penipu. harus sering -sering zakat dan sodaqoh kalo gak mau kayak gini gan hehe , sempet setahun banyak order tapi cash flow gak tau kemana tau tau jadi mines aja malah hutang nungak jahitan karena gak rajin catat .

 Disemester 5-6 ini kuliah sempet keteteran ip cuma 2,85 gak pa-pa masih bisa berjuang lagi  jangan menyerah yah ayo tingakatkan prestasi jadi 4,5 . RV   juga punya majalah digital diberinama Rmagz, ruang visual cukup mengesankan kita sering banget main malah gak pernah cari order tiap malam pokeran, nongkrongan  di mc donal sudirman, warung angkringan iyap, dan kantor terkumuh garasi rumah rendra juga buber bareng .  Setahun bersama akhrinya kita memutuskan untuk menghilang sendiri -sendiri ada yang kuliah, ada yang belajar animasi, ada yang bikin usaha sendiri, magang, kerja  macam-macamlah pokonya.

sekarang nama Rv ganti tunggaletigo namanya sedulure 3 tapi akhirnya kita memutuskan untuk bikin sendiri-sendiri lagi ibnu puya brand gondesign spesialis logo corporate dan oseven punya feri ambo. Semester 5-6 dikampus rendra banyak bermain dengan nizar lighwork photography dari garap tugas mpk bareng, ikut komunitas bisnis tda, hunting photo dan main-main sampai sekarang, em dalam perjalanannya dulu anak rv sering ikut perkumpulan tda (tangan di atas)  tapi yang bertahan sekarang tinggal feri,dan nizar yang puya impian bikin studio photo dan rumah makan didekat waterbom hahahha mantap . Tda banyak memberikan link dan semangat hidup bagi rendra karena lingkungan mastermind SRI  dan kopdar yang kekeluargaan dan tujuan yang sama jadi pengusaha yang kuat dan sukses dunia dan akherat.


Rendra sendiri masih mempunyai mimpi besar puya agency periklanan sekelas dwisapta, ataupun JWT , sekarang masih join ama temen-temen rv dengan sistem patner join bila ada project, garapan rendra paling banyak garap di garmen yaitu bikin jaket dan kaos. Oh iya lupa cerita selama perjalan itu rendra visual  juga menerima order secara personal kaos dan jaket segmet mahasiswa dan pelajar. Memutuskan menerima order  clothing garment bermula pertemuan dengan pasangan suami istri  pak agus (bekerja di dagadu) dan mb rob (py garment), mereka yang mengajari saya dari beli kain, menghitung untung sampai nyablon. Sampai sekarang saya masih fokus membesarkan garment agar bisa jadi miliader dan biasa ikut club 11 digit di TDA pusat jakarta, mimpi untuk bikin advertising marcomm juga masih mengebu-gebu sampai hari ini , rendra juga ikut komunitas AKPMI (asosiasi komunitas periklanan mahasiswa indonesia), dan juga mau mengembangkan media flipper digital magazine, plus store online dan bikin pasive income perumahan islami serta yayasan pendidikan bisnis kreatif dan juga panti asuhan kreatif. Semua perjalanan ini rendra niatkan untuk ibadah dan mencari Ridho Tuhan YME mudah mudahan segala cita-cita mulia yang tidak bisa dituliskan satu-per satu disini dapat terwujud dan bermanfaat bagi semua umat manusia.

Ini adalah penggalan dari sebuah cerita perjalanan anak adam yang mencoba sukses dengan jadi pengusaha muslim yang kuat sodagar sholeh yang suka berbagi. (Flipper magazine)


http://www.six-green.com/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar