Kamis, 15 September 2011

jualan kaos online omset miliaran rupiah

2011 banyak terlahir digitalpreneur yang kreatif dan inovasi, contoh saja ganti baju.com omset miliaran rupiah dengan cara kontes design kaos, jualan kaos, dan community design t-shirt menerapkan gaya web 2.0 yang dilakukan secara on line.

Wawancara Dengan Founder Gantibaju.com Tentang Kiat Sukses Bisnis
sumber http://www.urbansosial.com/

Pada interview perdana ini, UrbanSosial.com mendapatkan tamu yang sangat istimewa yaitu kedatangan salah satu founder Gantibaju.com, yaitu Aria Rajasa yang bisa ditemui di akun Twitternya @rajasa. Walaupun beliau banyak sekali kegiatan, namun Aria Rajasa telah meluangkan sedikit (mungkin banyak) waktu untuk berbagi kisah sukses kepada kita semua tentang “resep dapur” dalam membangun bisnis onlinenya. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menginspirasi kita semua untuk lebih semangat lagi dalam berkarya.

Bagi yang belum berkenalan, Gantibaju.com adalah creative clothing line yang menggabungkan clothing line, e-commerce, dengan kontes design kaos terbesar di Indonesia dimana desain-desain kaos yang diproduksi oleh Gantibaju.com adalah desain-desain kiriman dari para anggotanya berdasarkan voting anggota yang lain dan dari hasil penilaian juri-juri khusus yang kompeten di bidangnya. Para Pemenang yang terpilih desainnya akan mendapatkan uang tunai dan royalti dari penjualan kaos tersebut.

Walaupun mungkin ada beberapa diantara kita sudah mendengar tentang model bisnis yang serupa diluaran sana, tapi ada hal yang membuat Gantibaju.com unik dan berbeda yaitu, nuansa Indonesia yang selalu kita dorong di setiap desain-desainnya. Hanya desain-desain keren yang memiliki nuansa Indonesia lah yang akan Gantibaju.com terima dalam mengikuti kontesnya. Untuk lebih detail tentang mereka, Anda bisa mengunjunginya di http://www.gantibaju.com.

Ok, inilah wawancara UrbanSosial.com dengan Mas Aria Rajasa, salah satu founder dari Gantibaju.com:

Halo apa kabar kawan-kawan di Gantibaju.com? Makin keren aja nih. Katanya sudah dapat awards ya kemarin? Bisa ceritakan?

Halo, kemarin kami baru saja menang sebagai juara 1 kompetisi SWA Startup untuk kategori Bisnis juga, awal yang baik untuk tahun 2011. Selain itu kami juga menang di SparxUp Award sebagai Most Promising Startup dan juga predikat Top 100 Application di Asia oleh e27, Singapura.

Oh ya, sebelumnya. Untuk yang belum kenal  lebih jauh, bisa ceritain kisah singkat Gantibaju.com tentang awal mula berdiri sampai dengan berkembang hingga saat sekarang?

Gantibaju.com berdiri sejak Februari 2010, dan kini telah memiliki lebih dari 15000 member, 8000 desainer. Lebih dari 1500 orang pernah mengirimkan desainnya untuk mengikuti 9 tema desain yang pernah dirilis. Gantibaju.com telah menjalin kerjasama dengan beberapa brand lokal seperti Koprol (situs jejaring sosial lokal berbasis lokasi yang baru-baru ini diakusisi oleh Yahoo!), Raditya Dika (penulis muda populer dengan karyanya berjudul Marmut Merah Jambu), B Channel TV (stasiun televisi lokal yang memfokuskan diri pada acara-acara berkualitas dan mendidik), dan XL Axiata (salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia).
Gantibaju.com memiliki 3 Founder yaitu Aria Rajasa yang bertindak sebagai CEO, Anang Pradipta yang bertindak sebagai CMO dan Community Manager dan Setyagus Sucipto yang bertindak sebagai CTO. Pada Februari 2009 Gantibaju.com memiliki 8 orang karyawan, yang sekarang telah bertumbuh sampai 15 orang karyawan.

Apa yang Gantibaju.com lakukan diawal-awal berdiri untuk mengenalkan merek jualan online kalian supaya lebih banyak dikenal orang?

Kami melacak komunitas-komunitas designer yang sebelumnya berdiri sendiri-sendiri dan kurang di-expose, kemudian kami datang dengan konsep gantibaju.com dan ternyata mereka sangat antusias kepada konsep kami.
Semenjak itu, kami bekerjasama dengan banyak komunitas designer untuk menumbuhkan jumlah designer baru di gantibaju.com dan juga datang ke acara-acara komunitas designer seperti event pameran Karya Akbar, Diskomfest untuk memberikan support dan semangat kepada mereka, karena pada dasarnya Gantibaju.com dan mereka memiliki semangat yang sama, yaitu memperbaiki dan meningkatkan apresiasi kepada design.
Selain itu kami juga aktif melakukan pendekatan kepada para customer melalui social media seperti Facebook dan Twitter, dimana disana banyak kegiatan unik yang kami buat bersama para customer dan future customer.

Sebagai pemilik merek tentunya memiliki dan menjalin komunitas yang setia pada merek pastilah merupakan suatu faktor yang sangat penting. Apa yang dilakukan Gantibaju.com untuk melakukan hal tersebut?

Kami melakukan beberapa hal yang menurut kami krusial untuk memastikan komunitas Gantibaju.com sangat setia. Hal ini dibagi menjadi dua sisi, yaitu dari sisi konsumen dan designer kaos kami.
Untuk konsumen, kami memberikan beberapa hal berikut ini:
- Garansi
Produk Gantibaju.com tidak lepas dari yang namanya cacat, walaupun porsinya sangat kecil, tapi pasti ada. Produk cacat adalah hal kecil, sementara kepercayaan konsumen yang cacat merupakan hal besar. Untuk itu diberikan garansi yang mencakup kepercayaan dan produk. Dimana setiap produk Gantibaju.com yang cacat, boleh langsung dikembalikan kepada kami, dan akan kami ganti baru. Apabila barang sampai ke tangan konsumen tetapi tidak cukup atau salah ukuran, juga kami ganti baru.
- Testimonial
Kami juga mengandalkan testimonial untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Testimonialnya kami buat dalam 2 bentuk, yaitu teks dan visual. Testimonial dalam bentuk teks ada di kolom Tee Talk yang berisi testimonial para pengguna kaos tersebut. Sementara dalam bentuk gambar, kami berikan kolom Pojok Narsis berisi testimonial dalam bentuk foto-foto yang dikirimkan oleh konsumen.
- Event Berhadiah
Untuk semua kalangan, kami banyak memberikan event berhadiah untuk meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa perusahaan ini benar benar eksis. Event berhadiah ini tidak sekedar bagi-bagi kaos, handphone dan sebagainya, akan tetapi benar-benar mempertemukan kedua belah pihak antara calon konsumen dengan Gantibaju.com.
Bagi designer, kami memberikan apresiasi lebih dengan membawa mereka ke event-event yang skala nya lebih besar lagi.
- Memberikan Expose Desainer Lokal ke Pasar Nasional dan Internasional
Gantibaju.com merupakan platform benchmark untuk desainer-desainer Indonesia karena selektivitasnya. Gantibaju.com memposisikan diri sebagai kurator penyaring desain sehingga hanya desain yang berkualitas yang dapat ditampilkan di situs Gantibaju.com. Beberapa majalah desainer juga menjadikan Gantibaju.com sebagai acuan untuk mengangkat beberapa desainer baru yang terlihat bakatnya di Gantibaju.com.
- Gathering
Gathering sangat penting karena disinilah bibit bibit evangelist / loyalist dari sebuah startup dapat di lihat. Gantibaju.com mengadakan gathering rutin dari daerah ke daerah untuk merangsang keterlibatan para member lebih dalam lagi di situs Gantibaju.com
- Program Regional
Setelah gathering di daerah selesai, biasanya ada tugas yang diharapkan dikerjakan oleh para peserta gathering tersebut. Program-program ini sekali lagi di tujukan untuk mengangkat keterlibatan para designer dengan brand Gantibaju.com beberapa derajat lebih dalam lagi.
- Menyertakan Designer Pada Setiap Seminar
Gantibaju.com juga mengajak designer untuk menjadi pembicara seminar dan ikut sharing pada setiap seminar yang diadakan oleh Gantibaju.com, sehingga designer merasa terangkat dan terbantu oleh kegiatan yang diadakan oleh Gantibaju.com.
Masyarakat umum juga dapat melihat perubahan yang terjadi pada setiap Designer yang ikut di Gantibaju.com, langsung dari orangnya. Sudah banyak designer yang terbantu oleh Gantibaju.com, diantaranya sudah bisa menembus pasar internasional dan sudah banyak yang mendapat pengakuan dari luar negeri.

Berapa banyakah kompetitor Gantibaju.com yang juga meramainkan bisnis fashion  berkonsep online di Indonesia? Dan juga sekaligus taktik Gantibaju.com untuk memenangkan pertarungan merek ini?

Sampai akhir tahun 2010, belum ada online store dengan konsep yang mirip seperti ini di Indonesia. Akan tetapi di awal tahun 2011, terlihat setidaknya ada 4 online store yang mirip konsepnya mirip. Gantibaju.com beruntung karena menjadi pionir, dan telah dimuat di berbagai media nasional, sehingga coverage akan bisnis ini telah cukup besar.
Komitmen terbesar kami adalah kepada para designer dan konsumen kami. Sehingga baik Gantibaju.com maupun merek lain akan berlomba-lomba dalam memberikan fasilitas lebih kepada para designer. Tentunya hal ini disesuaikan dengan visi masing masing perusahaan.
Pertarungan merek belum dirasa signifikan, akan tetapi adanya kompetitor mengharuskan kami semua lebih kreatif dalam mensiasati pasar yang telah lebih dulu dibentuk demand-nya oleh Gantibaju.com.

Wow, ada spot yang paling menarik mata di website Gantibaju.com, yaitu “Pojok Narsis”. Bisa ceritakan tentang ide hebat ini?

Kami menyadari bahwa kekuatan terbesar dari komunitas adalah endorsement antar komunitas itu sendiri. Sehingga Pojok Narsis dibentuk untuk menjawab hal ini. Semudah memberikan testimonial, Pojok Narsis menjawab kebutuhan komunitas dan tentunya anak anak muda yang berani tampil untuk menjadi bagian dari Gantibaju.com dengan media foto.

Apakah Gantibaju.com pernah menggunakan jasa media konvensional (media cetak, radio, dan tv) untuk memasarkan produk? Ataukah hanya mengandalkan kekuatan dari komnitas dan juga media online semata?

Kami pernah menggunakan jasa media konvensional seperti media cetak dan radio. Akan tetapi untuk sesuatu yang online, diperlukan lebih dari itu. Karena pada dasarnya pada sebuah website online, apalagi website jualan, diperlukan edukasi dan trust building yang cukup lama. Hal ini tidak bisa di dapatkan dari penggunaan media konvensional.
Disesuaikan dengan target market juga, tidak relevan bagi mereka apabila dalam membangun trust, kami menggunakan media konvensional. Maka pilihan menggunakan media sosial secara agresif lebih masuk akal.

Social media saat sangat berperan penting dalam pengembangan bisnis apapun karena memang semua hal tertuju kesana saat ini, lalu strategi  apa yang Gantibaju.com lakukan untuk “lebih eksis” di social media sebagai  salah satu alat berjualan yang ampuh?

Kami tidak memposisikan media sosial sebagai alat jualan ataupun outlet. Nature pengguna media sosial menolak penggunaan media sosial sebagai sarana jualan / beriklan. Semua yang beriklan mentah-mentah di social media pasti gugur. Maka yang banyak kami lakukan dengan media sosial adalah edukasi dan pembibitan future customer itu sendiri. Customer yang akan membeli kaos tetap harus ke website atau toko kami. Akan tetapi, mereka telah mengetahui persona dari Gantibaju.com dan kesesuaian persona brand dengan image mereka inilah yang menciptakan adanya pembelian.

Walaupun target pasar Gantibaju.com sepertinya hanya menyentuh pasar lokal, lalu apakah kalian kedepannya akan merambah bisnisnya pada pasar global? Dengan menyediakan website multi bahasa misalnya?

Target pasar kami tidak hanya pasar lokal, melainkan justru diposisikan untuk bersaing langsung sebagai kaos oleh-oleh. Karena itu pada setiap produk kami ada penjelasan komprehensif mengenai design pada kaosnya dengan bahasa Inggris. Tujuannya adalah, agar customer / turis asing yang membeli kaos ini, mengenal tokoh / peristiwa yang diangkat melalui design kaos tersebut.
Untuk multibahasa, kami memang sedang mempersiapkan hal itu.

Apa kesulitan yang Gantibaju.com hadapi untuk mengembangkan bisnis ini?

Awalnya, konsep bisnis seperti ini tidak memiliki demand di Indonesia. Jadi kami harus menciptakan demand-nya sendiri. Kemudian, berjalan waktu, kesulitan ada pada penyaringan designernya yang berkemampuan untuk membuat design yang sesuai dengan kualitas minimum yang diinginkan oleh Gantibaju.com.
Lalu sampai tahap tertentu, kesulitan ada pada design-design yang harus di saring dan disesuaikan dengan Gantibaju.com. Dan sekarang, kesulitannya adalah memutuskan design yang dicetak atau tidak. Karena saat ini, hampir 100% design yang masuk ke Gantibaju.com sudah layak cetak dan sesuai dengan kualitas yang diinginkan oleh pihak Gantibaju.com.

Walaupun agak pribadi, tapi kita disini mungkin bisa  banyak belajar dari Gantibaju.com, hehe. Stttt.. berapa banyak sih total orang yang sudah mendaftar dan seberapa persen pula dari mereka yang selalu aktif untuk memberi produk kalian?

Kami memiliki sekitar 15.000 orang member, diantara mereka, ada sebagian kecil yang membeli. Dari sebagian kecil itu, ada sebagian lagi yang selalu membeli kaos gantibaju.com.
Saat ini termasuk Teuku Wisnu, Mario Irwinsyah, Dennis Adhiswara, Alex Abbad, Raffi Ahmad dan beberapa artis lain termasuk dari mereka yang selalu membeli kaos-kaos Gantibaju.com.

Apa yang akan Gantibaju.com lakukan dalam pengembangan bisnis ini untuk waktu-waktu kedepannya?

Banyak. Terutamanya dalam mendukung visi kami dalam empowering designer, ada banyak sekali ide bisnis yang bisa dikembangkan kedepannya.

Pertanyaan terakhir. Apa yang Gantibaju.com bisa sampaikan kepada teman-teman kita yang lain, yang ingin juga mengembangkan bisnis onlinenya supaya bisa lebih berkembang seperti Gantibaju.com?

Ada banyak sih ya, tapi kami berikan yang krusial saja deh. Pertama, korelasikan brand bisnis anda dengan kebutuhan dari customer. Sehingga customer membeli karena brand anda merupakan hal yang dibutuhkan oleh customer.
Kedua, dengarkan customer. Masukan customer seringkali baik dan perlu digunakan sebagai patokan untuk refleksi dengan brand anda. Sesuai atau tidaknya brand anda dengan customer yang dituju, direfleksikan dari masukan masukan yang ada.
Ketiga, stick pada visi. Fokus untuk menggaet bagian tertentu saja dari bisnis ini, disesuaikan dengan visi perusahaan. Akan sangat repot dan ribet apabila berusaha menjembatani seluruh aspek dari konsumen. Jembatani beberapa hal saja yang memang benar benar merupakan kebutuhan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar